Pemkab Lamandau Dorong Pengembangan Bumdes

banner 468x60

Kotawaringin News, Lamandau – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau terus mendorong pengembangan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang dikelola oleh setiap desa, salah satunya unit usaha budidaya ayam potong milik Bumdes Desa Sungai Buluh, Kecamatan Belantikan Raya.

Bupati Lamandau, Hendra Lesmana berharap dengan diresmikannya unit usaha tersebut mampu mendongkrak Pendapatan Asli Desa (PADes) yang muaranya pada peningkatan kesejahteraan masyarakat setempet.

banner 336x280

“Nantinya usaha dari Bumdes ini bisa menambah pendapatan desa yang tentu muaranya untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Bupati Hendra, Selasa, (18/4).

Diungkapkan Bupati, Bumdes unit usaha budidaya ayam potong itu telah memiliki 4.500 ekor ayam potong, dalam pengelolaan potensi ekonomi desa itu, diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran di desa setempat. Ia meminta, unit usaha tersebut memperioritaskan tenaga kerja lokal.

“Bumdes ayam potong ini supaya dikelola dengan baik agar terus berkembang, sehingga mampu meningkatnya produksi dan berdampak terhadap keuangan desa serta bisa mengembangkan usahanya. Keuntungan yang didapat bisa digulirkan untuk program kegiatan yang lain,” pinta Bupati.

Orang nomor satu di Kabupaten berjuluk Bumi Bahaum Bakuba ini menilai, keberhasilan tiap desa hanya akan terwujud dari usaha yang dilakukan oleh desa itu sendiri, ditambah dengan sinergitas antara pemerintah baik kabupaten maupun provinsi.(din/BH)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *