Dinkes Lamandau Ajak Masyarkat Tanggulangi TBC

banner 468x60

Kotawaringin News, Lamandau – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lamandau, Rosmawati mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama berperan aktif dalam mendukung penanggulangan TBC (Tuberculosis) di daerah setempat.

“Baik dalam pencegahan, penemuan kasus maupun dukungan untuk proses pengobatan sampai sembuh,” ujar Rosmawati di Nanga Bulik, Minggu, (9/4).

banner 336x280

Dijelaskan Rosmawati, peringatan Hari Tuberculosis Sedunia (HTBS) tahun 2023 jatuh pada bulan ini. Pihaknya berharap momentum peringatan HTBS tersebut bisa dijadikan sarana meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penyakit TBC yang memiliki dampak besar terhadap kesehatan, sosial hingga ekonomi.

Rosmawati mengatakan, penyakit TBC merupakan penyakit yang menyerang beberapa bagian tubuh. Diantaranya selaput pembungkus paru (pleura), kelenjar betah bening, organ perut (abdomen), organ dan saluran kemih (saluran genitorurinaria), kulit, sendi dan tulang serta selaput otak (meningen).

“Pada umumnya penyakit TBC menyerang paru-paru dan penyakit ini disebabkan oleh bakteri bernama Mycobacterium Tuberculosis. Jadi, mari kita berperan aktif dalam mencegah dan menanggulangi penyakit TBC agar terhindar dari penyakit Ini,” ajaknya.

Dikatakan Rosmawati, kampanye mencegah dan menanggulangi penyakit TBC bertujuan untuk mengakhiri TBC pada tahun 2030 dan mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG). Ke depannya ia berharap masyarakat sadar tentang permasalahan TBC, dengan berpartisipasi aktif dalam mendukung penanggulangan TBC.(din/BH)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *