Desa Perlu Stimulus untuk Peningkatan PAD

banner 468x60

Kotawaringin News, Seruyan – Dalam rangka memaksimalkan pendapatan asli daerah atau PAD, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan memberikan beberapa saran untuk Pemerintah Daerah salah satunya mendorong agar pemerintah daerah memberikan stimulus untuk desa dalam upaya peningkatan PAD tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Anggota DPRD Seruyan Benyamin Pasambe. Menurutnya, dalam upaya meningkatkan PAD pemerintah daerah harus memaksimalkan pendapatan dari sektor pajak yakni dengan cara memberikan dorongan dan stimulus untuk desa dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat taat untuk bayar pajak.

banner 336x280

“Saran dan masukan untuk bidang pembangunan dan keuangan, Pemerintah Daerah Kabupaten Seruyan melalui SKPD terkait, sudah seharusnya memprioritaskan kegiatan-kegiatan yang menjadi aspirasi masyarakat, diantaranya perlu dorongan dan stimulus untuk desa untuk peningkatan PAD dengan cara peningkatan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak dan retribusi,” katanya.

Menurutnya politikus partai Gerindra itu, tidak dipungkiri masih banyak masyarakat di Bumi Gawi Hatantiring yang saat ini masih enggan membayar pajak. Banyak faktor penyebab namun yang paling banyak karena kurangnya kesadaran ataupun karena ketidaktauan dan lain-lain.

Sehingga dengan demikian, tentu perlu kerja keras dari pemerintah daerah melalui instansi terkait untuk mengatasi permasalahan ini. Instansi terkait bisa turun kelapangan secara langsung untuk memberikan sosialisasi maupun edukasi kepada masyarakat tentang wajib pajak.

Dirinya berharap instansi terkait dapat memaksimalkan lagi upaya dalam menertibkan pajak maupun retribusi, sebagai upaya memaksimalkan PAD itu sendiri yang memiliki peranan penting untuk mencapai tujuan pembangunan daerah.

Terkait hal ini, Benyamin Pasambe juga menghimbau kepada masyarakat di Bumi Gawi Hatantiring khususnya, untuk meningkatkan kesadaran akan wajib pajak, seperti membayar pajak bumi dan bangunan (PBB) dan lain sebagainya. (H/K2)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *