Banyak Pj Kades di Seruyan Diambil dari Tenaga Pendidik dan Nakes

banner 468x60

Kotawaringin News, Seruyan – Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan H Bambang Yantoko menyebut banyak Penjabat Kepala Desa (Pj Kades) diambil dari tenaga pendidik dan tenaga kesehatan (nakes).

Menurutnya, hal itu menimbulkan masalah kepada jumlah tenaga pendidik dan tenaga kesehatan di Bumi Gawi Hatantiring saja.

banner 336x280

“Tenaga pendidik kita sekitar 30 persen dan nakes kita hanya 20 persen. Artinya, ketika 70 desa yang saat ini dikepalai oleh Pj Kades itu akan berdampak pada ketersedian tenaga pendidik dan nakes kita,” katanya, Jumat (2/6).

Ia berpendapat, wajar saja apabila terjadi kekurangan tenaga pendidik dan nakes di pelosok desa yang jauh, karena pemerintah secara sepihak mengambil tenaga pendidik dan nakes tersebut menjadi Pj Kades.

“Menurut saya, dampaknya akan sangat bagi sektor pendidikan dan sektor kesehatan. Apakah pemerintah tidak memikirkan hal tersebut? Walaupun dalam Undang-Undang (UU) disebutkan bahwa Pj Kades haruslah Pegawai Negeri Sipil (PNS),” pungkasnya. (Ys)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *