๐—ฃ๐—ฎ๐—ป๐—ฒ๐—ป ๐—ฃ๐—ฒ๐—ฟ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป๐—ฎ ๐—ž๐—ผ๐—ฝ๐—ถ ๐—ฅ๐—ผ๐—ฏ๐˜‚๐˜€๐˜๐—ฎ, ๐—•๐˜‚๐—ฝ๐—ฎ๐˜๐—ถ: ๐—๐—ฎ๐—ฑ๐—ถ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ถ๐—ป๐—ถ ๐—ฃ๐—ฟ๐—ผ๐—ฑ๐˜‚๐—ธ ๐—จ๐—ป๐—ด๐—ด๐˜‚๐—น๐—ฎ๐—ป ๐—ž๐—ฎ๐—ฏ๐˜‚๐—ฝ๐—ฎ๐˜๐—ฒ๐—ป ๐—Ÿ๐—ฎ๐—บ๐—ฎ๐—ป๐—ฑ๐—ฎ๐˜‚

banner 468x60

Kotawaringin News, Lamandau – Bupati Lamandau Hendra Lesmana di dampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Lamandau Rusdianti Hendra Lesmana melakukan Panen Perdana Kopi Robusta di Desa Kahingai, Minggu (13/8/2023).

Panen perdana bibit kopi Robusta ini guna memastikan bahwa Program Perluasan Tanam Kopi Robusta di desa Kahingai, hasil kesepakatan bersama tiga pihak antara Dirjen Pengembangan Kawasan Transmigrasi, Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Pemerintah Kabupaten Lamandau dan PT Sulotco Jaya Abadi, sudah mulai berproduksi hingga diharapkan ke depan dapat menghasilkan/dipanen dan berdampak pada pendapatan dan kesejahteraan petani.

banner 336x280

โ€œMelihat hasil panen hari ini, kita mulai berani untuk mencanangkan di tahun 2024 komoditi kopi ini akan menjadi primadona di Kabupaten Lamandau, karena kita sudah liat hasilnyaโ€, kata Bupati Lamandau Hendra Lesmana.

โ€œDiharapkan 2025-2026 Kabupaten Lamandau dikenal dari produknya saat wisatawan datang ke Lamandau, jadi bukan hanya produk skala industri tetapi juga skala rumah tangga seperti kopi yang akan menjadi pionir di kabupaten Lamandau bahkan di Kalimantan Tengahโ€, Lanjut Bupati.

Bupati juga mengingatkan kepada para Petani agar Kebun kopi ini suatu saat nanti tidak dialihfungsikan ke komoditi lainnya, sehingga mengganggu tujuan utama yaitu mengangkat penghasilan dan derajat ekonomi Masyarakat dari aspek budidaya Kopi.

โ€œPemerintah Daerah dan masyarakat harus sama sama berkomitmen dan sudah di tetapkan bahwa kopi ini akan menjadi produk unggulan, semua pihak harus mampu mewujudkan pembangunan kebun kopi yang ada di kabupaten Lamandauโ€, tutup Bupati.

Diserahkan juga bantuan 22 ekor kambing ternak untuk kelompok tani Harapan Rantau, 9 ekor Kambing untuk kelompok Tani Hona Angkat, 9 ekor Kambing untuk kelompok Tani Harapan Mulia dan bantuan ternak Ayam Buras dan Itik untuk kelompok Tani Harapan Baru, Maram Bersatu, Sepakat Sukses dan Tani Sejahtera. (M/K2)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *